Jumat, 28 Desember 2012

Personel AKB48




AKB48 merupakan pemegang Guinness World Record sebagai "grup pop terbesar di dunia". Saat ini grup ini memiliki anggota sebanyak 67 gadis, terbagi menjadi tiga subgrup: Tim A, kini dengan 22 anggota; Tim K, juga dengan 22 anggota; dan Tim B, dengan 23 anggota. Grup ini juga mencakup sejumlah anggota harapan, yang disebut "kenkyūsei" ("siswi pelatihan"). Formasi anggotanya juga berubah-ubah; saat mereka semakin dewasa, mereka "lulus" dari grup tersebut, sementara anggota baru dipilih secara berkala melalui audisi. Memiliki beberapa tim tidak hanya mengurangi beban anggotanya--karena pertunjukan setiap hari di teater hanya dibawakan oleh satu tim--namun juga memberi kesempatan bagi AKB48 untuk mengadakan pertunjukkan di beberapa tempat dan bahkan di luar negeri pada waktu yang sama.

Yasushi Akimoto juga mengembangkan konsep grup idola berbasis teater ke kota lainnya di Jepang, dan bahkan hingga ke luar Jepang. Ia membentuk SKE48 (berbasis di teaternya di Sakae,Nagoya), SDN48 (dibentuk untuk memberikan sosok idola yang lebih dewasa), NMB48 (Namba, Osaka), HKT48 (Hakata, Fukuoka), JKT48 (Jakarta, Indonesia), TPE48 (Taipei, Taiwan), SNH48 (Shanghai, Cina). Di samping itu ia membentuk grup Nogizaka46, yang diumumkan sebagai rival resmi AKB48.

Dengan jumlah anggota yang banyak, yang tidak tampil dalam satu panggung secara bersamaan, AKB48 perlu beberapa metode pemilihan untuk menentukan siapa yang akan ikut dalam rekaman singel dan menampilkannya di televisi. Sejauh ini, ada dua macam pemilihan yang dilakukan secara berkala. Anggota terkemuka ditentukan oleh para penggemar melalui suatu "pemilihan umum" (sōsenkyo dalam bahasa Jepang) dengan cara membeli singel grup tersebut yang langsung berisi satu tiket untuk memberikan suara pada satu anggota. Cara lainnya dilakukan dengan turnamen batu-kertas-gunting antaranggota. Ketenaran AKB48 begitu besar bahkan pada pemilihan umum tahun 2011 jumlah suara melampaui 1 juta, dan singel "Everyday, Katyusha", yang berisi tiket untuk pemilihan tersebut mencatat rekor baru untuk penjualan singel dalam seminggu di Jepang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar